Badan penelitian Counterpoint, pemerhati riset pasar teknologi dalam laporan terbarunya hari ini melaporkan bahwa pasar lokal Jepang sudah tergerus oleh merek-merek asing. Disebutkan Apple lewat perangkat andalannya iPhone, jika produsen perangkat multimedia asal AS itu sukses merebut perolehan pangsa pasar tahun lalu dari dominasi Sharp yang bercokol selama 6 tahun berturut-turut.
Untuk pertama kalinya selama tahun 2012 kemarin Apple meraup 15% dari total seluruh penjualan perangkat teknologi Jepang. Ternyata smartphone platform iOS cukup mendapat tempat di negara sakura tersebut. Sementara Sharp dan Fujitsu dengan perolehan pangsa pasar sama sebesar 14%, masing-masing membayangi Apple di tempat kedua dan ketiga.
Lambatnya industri ponsel di Jepang khususnya mengadopsi pesatnya perkembangan pasar smartphone dunia, menyebabkan mereka sedikit tertinggal dari pesaingnya seperti Samsung, LG, ZTE dan Huawei dalam penetrasi pasar global. Pabrikan lokal yang masih sanggup imbangi keperkasaan vendor pesaing mancanegara, adalah Sony Corp. Lewat jajaran smartphone Xperia yang masih diterima dengan berbagai keunggulan unik khas perangkat Sony yang mengedepankan fitur kamera dan hiburan seperti musik, games atau menonton video. Dikatakan pula merek-merek smartphone asing menguasai sekitar 50% pasar dalam negri Jepang.
0 komentar:
Posting Komentar